Senin, 01 Oktober 2012

PROGRAM KERJA MPK PERIODE 2011/2012

Program Kerja Pokok



PEMILOS

Pemilos (Pemilihan Mitratama, Mitramuda I, Mitramuda II OSIS) adalah pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 3 Semarang secara langsung oleh siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 3 Semarang.

Mulai tahun ajaran 2009/2010, PEMILOS ini menganut system pemilu di Indonesia yaitu dengan adanya TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan siswa memilih di kertas suara dengan cara menyontreng.

Ini merupakan salah satu pembelajaran demokrasi bagi siswa SMA 3 Semarang. MPK SMA Negeri 3 Semarang periode 2011/2012 telah melaksanakannya pada bulan Oktober 2011. Tepatnya pada Senin, 31 Oktober 2011 lalu. Bertempat di Lapangan SMA Negeri 3 Semarang, PEMILOS dengan sistem penyontrengan itu dilakukan dengan tertib dan lancar.

Sebelumnya, MPK mengadakan seleksi Calon Independen dari kelas XI terlebih dahulu. Kemudian dari calon independen tersebut diambil 3 besar kemudian digabungkan dengan 18 besar lolosan LKS II OSIS. Setelah itu dari 21 Besar Calon ketua OSIS di seleksi lagi menjadi 10 besar. Setelah menjadi 10 besar, mash ada tahap seleksi lagi yaitu forum wawancara oleh dewan guru dan perwakilan kelas. Dari seleksi tersebut diambil 5 besar. Setelah itu diadakan forum lagi tujuannya memperoleh 3 Calon Mitratama. Setelah itu baru diadakan pemungutan suara secara langsung oleh seluruh siswa SMA Negeri 3 Semarang.

Setelah penyontrengan selesai, dilanjutkan dengan penghitungan suara yang dihadiri oleh Perwakilan Kelas X, XI, XII serta beberapa guru sebagai saksi. Dari penghitungan suara tersebut terpilihlah Mitratama, Mitramuda I dan Mitramuda II OSIS2011/2012 Adhy Priyo Pambudi, siswa kelas XI Olimpiade (807 suara), sehingga dinyatakan sebagai ketua OSIS, kemudian Muhammad Syaifuddin siswa kelas XI IA 4 (317 suara), dan Rizki Karimatuz siswa kelas XI IA 1 (120 suara).



Penentuan GBHK (Garis Besar Haluan Kerja)

Pada awal masa jabatan , MPK membuat GBHK Sebagai pedoman dan acuan OSIS dalam penyusunan program kerja.



Menerima/menolak LPJ dari OSIS

Pada akhir masa jabatan , OSIS akan memberikan laporan pertanggung jawabannya tentang seluruh program kerjanya selama satu tahun . Pengurus MPK yang baru lah yang berhak menerima atau menolah laporan pertanggung jawaban yang diberikan OSIS ini.

LKS 1 MPK

Setiap organisasi pasti ada yang namanya regenerasi pengurus. MPK pun juga begitu, oleh karenanya, kami mengadakan Latihan Kepemimpinan Siswa I ini. Kegiatan ini hanya untuk kelas X. Pada Kegiatan ini, adik-adik kelas X yang mengikuti LKS I ini akan diberikan materi mengenai kepemimpinan dengan macam kegiatan yang bervariasi dan InsyaAllah adik-adik akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa di kegiatan ini.




LKS 2 MPK

Latihan Kepemimpinan Siswa II MPK hampir sama dengan LKS I MPK, namun yang mengikuti kegiatan ini adalah lolosan LKS I MPK, dan tujuan kegiatan ini adalah sebagai persiapan regenerasi kepengurusan MPK .

LDK

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) MPK adalah kelanjutan dari LKS I dan LKS II yang bertujuan untuk memantapkan kepengurusan, menjelaskan tugas dan kewajiban MPK .

Pemilihan Ketua MPK

Memilih ketua MPK baru dan regenerasi kepengurusan .

STJF

STJF (Serah Terima Jabatan Formal ) yaitu penyerahan tongkat komando kepemimpinan kepengurusan MPK kepada Pengurus MPK yang baru. Dilaksanakan pada tiap peringatan HUT SMA, yaitu tanggal  1 November. Penyerahan ini juga bersamaan dengan OSIS


Menyalurkan Aspirasi

Sebagai badan/organisasi perwakilan, tentu saja MPK juga memiliki tugas amat penting yaitu mengumpulkan aspirasi-aspirasi siswa SMAN 3 Semarang dan menyalurkan yang dianggap mampu untuk diwujudkan. Salah satunya yaitu via angket aspirasi yang tiap beberapa bulan sekali disebar ke seluruh penjuru Smaga.


Program Kerja Rutin
  • Rapat Koordinasi Pengurus MPK
  • Rapat Koordinasi Kasie dengan tiap dari Komisi MPK :

Komisi A dengan Kasie 1, 2, dan 9 OSIS
Komisi B dengan Kasie 3 dan 4 OSIS
Komici C dengan Kasie 5, 6 dan 10 OSIS
Komisi D dengan Kasie 7  dan 8 OSIS
  • Rapat Besar Pengurus MPK dan OSIS
  • Penyebaran angket Aspirasi

Program Kerja Insidental
  1. STJNF (serah Terima Jabatan Non Formal)
  2. Mengikuti kegiatan Ekstern
  3. Menerima studi banding

PAPI SMAGA dan MPK AWARD

Merupakan salah satu ajang bergengsi di SMA Negeri 3 Semarang. Yaitu pemilihan dan pemberian Reward terhadap Putra dan Putri berprestasi dan terfavorit. serta guru dan karyawan berprestasi dan terfavorit.
MPK Periode 2011/2012 telah melaksanakan PAPI SMAGA dan MPK AWARD ini. Rangkaian acara ini pada bulan mei, sampai juli 2012.

MPK21.com

MPK21.com yaitu rubrik MPK yang terbit setiap satu bulan sekali pada tanggal 21 dan berisi mengenai kegiatan MPK yang telah terlaksana pada bulan tersebut.

Ramah Tamah Komisi A dengan Perwakilan Kelas X

Acara ini biasanya dilaksanakan pada awal masa jabatan sebelum kegiatan regenerasi MPK. Isi kegiatan ini yaitu perkenalan mengenai MPK.

1 komentar:

  1. apa tujuan program PAPI SMAGA dan MPK AWARD saya minta tolong untuk dijelaskan cara pelaksanaannya itu seperti apa dan kegiatan PAPI SMAGA dan MPK AWARD itu seperti apa ?
    terima kasih

    BalasHapus